9 Tips Sehat di Dalam Rumah

Tips Sehat di Dalam Rumah – Pernahkah terlintas dalam fikiran anda bahwa rumah yang kurang bersih akan berpengaruh terhadap kualitas hidup dari masing-masing orang yang tinggal didalamnya.? Dengan menjaga kebersihan rumah anda tentunya akan membawa pengaruh yang positif bagi kesehatan penghuninya.


9 Tips Sehat di Dalam Rumah

Dalam artikel ini akan membahas beberapa cara yang dapat anda lakukan agar rumah anda tetap bersih dan sehat :

1. Udara yang bersih amat penting bagi penghuni rumah karena hampir 90 % akan berada didalam rumah apabila sedang berada dilingkungan rumah. Udara yang bersih adalah udara yang tanpa adanya debu, asap dari jalanan, dan juga mungkin udara yang sudah terpolusi oleh pencemaran udara dari pabrik-pabrik. Bagi yang sangat sensitif dengan udara biasanya akan lebih mudah terserang penyakit atau alergi.
Vacumlah Rumah Anda Agar Tetap Bersih

2. Bagi anda yang memiliki rumah yang sering mendapatkan debu dari luar rumah yang relatif banyak, usahakan untuk membersihkan debu tersebut dengan vacum cleaner. Biasanya debu akan menempel di karpet, sofa dan juga dibawah meja atau kursi. Usahakan untuk selalu menutup pintu pada saat siang hari karena pada saat itulah biasanya debu banyak berterbangan di udara.
Gunakan Pendingin Ruangan Agar Udara Tetap Bersih

3. Jika anda menggunakan pendingin ruangan (AC) maka selalulah untuk membersihkan saringan udara dari pendingin udara tersebut. Untuk membersihkan saringan udara tersebut waktu relatif tergantung pada intensitas debu yang masuk kerumah anda. semakin banyak debu yang masuk kerumah anda maka akan semakin sering anda untuk membersihkannya. Pada kondisi normal, biasanya AC dibersihkan setiap 3 sampai 4 bulan sekali.

4. Perhatikan barang-barang bawaan anda dari luar. Kadang-kadang pada saat masuk rumah tanpa disadari kita membawa kotoran, misalnya kita membawa pasir atau tanah di sepatu atau sandal kita. Untuk mengurangi kotoran dari sepatu atau sandal ini sebaiknya anda menempatkan keset didepan pintu masuk rumah anda.

5. Bagi anda yang perokok adalah amat bijak apabila anda untuk tidak merokok didalam rumah. Orang yang tidak merokok akan lebih rentan terhadap asap rokok, apalagi anak-anak.
Ruangan Yang Terang Membuat Rumah Anda Terasa Lebih Hangat

6. Rumah yang gelap akan membuat hama ataupun rayap akan lebih mudah datang. Bukalah gorden atau tirai rumah anda pada saat pagi sampai siang hari agar cahaya matahari masuk kestiap sudut ruangan rumah anda. Rumah yang terang dan hangat akan membuat hama menghindar sehingga rumah akan menjadi lebih sehat.

7. Pada saat sekarang ini hampir semua rumah menggunakan air mineral kemasan atau galonan yang dengan mudah bisa dibeli. Walaupun air kemasan terlihat bersih tapi kita juga harus tetap berhati-hati. Jika memungkinkan anda bisa menggunakan filter air untuk menjaga kualitas air.

8. Didapur gunakanlah peralatan memasak yang sehat. Belakangan banyak orang yang menggunakan peralatan yang berbahan teflon. Jika anda tidak berhati-hati peralatan yang berbahan teflon ini justru tidak baik bagi kesehatan. Peralatan berbahan teflon ini memang sangat praktis untuk digunakan dan juga mudah dibersihkan karena antilengket tapi ingat teflon berasal dari bahan kimia yang dikenal dengan nama Polytetrafluoro (PFTE). Bahan kimia ini akan menghasilkan gas beracun apabila dipanaskan., kalaupun anda terpaksa menggunakan perlatan ini gunakan dengan temperatur yang tidak terlalu panas. Untuk mengatasi masalah ini lebih anda memakai bahanyang terbuat dari baja atau besi.
Sikatlah Kamar Mandi Sesering Mungkin Agar Tidak Licin

9. Bersihkanlah lantai rumah anda dan usahakan untuk menggunakan cairan pembersih lantai yang biasanya mengandung bahan untuk membunuh kuman. Sikatlah kamar mandi sesering mungkin karena memang kamar mandi lebih banyak kumannya dan juga akan licin apabila lama tidak disikat. Kalau lantai kamar mandi licin akan beresiko terpeleset.
Tag : Desain
0 Komentar untuk "9 Tips Sehat di Dalam Rumah"

Back To Top